Rabu, 07 Oktober 2009

Wajib Milliter dan Kesadaran Membela Negara


Bela negara dapat diartikan secara fisik dan non-fisik, secara fisik dengan mengangkat senjata menghadapi serangan atau agresi musuh, secara non-fisik dapat didefinisikan sebagai segala upaya untuk mempertahankan Negara dengan cara meningkatkan rasa nasionalisme, yakni kesadaran berbangsa dan bernegara, menanamkan kecintaan terhadap tanah air, serta berperan aktif dalam memajukan bangsa dan negara. Landasan pembentukan bela negara adalah wajib militer. Bela negara adalah pelayanan oleh seorang individu atau kelompok dalam tentara atau milisi lainnya, baik sebagai pekerjaan yang dipilih atau sebagai akibat dari rancangan tanpa sadar(wajib militer).

Beberapa negara (misalnya israel, iran) meminta jumlah tertentu dinas militer dari masing-masing dan setiap salah satu warga negara (kecuali untuk kasus khusus seperti fisik atau gangguan mental atau keyakinan keagamaan). Sebuah bangsa dengan relawan sepenuhnya militer, biasanya tidak memerlukan layanan dari wajib militer warganya, kecuali dihadapkan dengan krisis perekrutan selama masa perang.

Di beberapa negara, seperti Amerika serikat, spanyol dann inggris, bela negar dilaksanakan pelatihan militer, biasanya satu akhir pekan dalam sebulan. Mereka dapat melakukannya sebagai individu atau sebagai anggota resimen, misalnya Tentara Teritorial Britania Raya. Dalam beberapa kasus milisi bisa merupakan bagian dari pasukan cadangan militer, seperti Amerika serikat National Guard.

Di negara lain, seperti Republik China (Taiwan), Republic Korea, dan israel, wajib untuk beberapa tahun setelah seseorang menyelesaikan dinas nasional.

Sebuah pasukan cadangan militer berbeda dari pembentukan cadangan, kadang-kadang disebut sebagai cadangan militer, yang merupakan kelompok atau unit personil militer tidak berkomitmen untuk pertempuran oleh komandan mereka sehingga mereka tersedia untuk menangani situasi tak terduga, memperkuat pertahanan negara.

Membela negara adalah sikap dan perilaku warga negara yang dijiwai oleh kecintaannya kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-undang Dasar 1945 dalam menjalin kelangsungan hidup bangsa dan negara.

Tiap-tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pembelaan negara dan Syarat-syarat tentang pembelaan diatur dengan undang-undang.

Kesadaran bela negara itu hakikatnya kesediaan berbakti pada negara dan kesediaan berkorban membela negara. Spektrum bela negara itu sangat luas, dari yang paling halus, hingga yang paling keras. Mulai dari hubungan baik sesama warga negara sampai bersama-sama menangkal ancaman nyata musuh bersenjata. Tercakup di dalamnya adalah bersikap dan berbuat yang terbaik bagi bangsa dan negara.

Unsur Dasar bela negara

  1. Cinta Tanah Air
  2. Kesadaran Berbangsa & bernegara
  3. Yakin akan pancasila sebagai ideologi negara
  4. Rela berkorban untuk bangsa & negara
  5. Memiliki kemampuan awal bela negara

Contoh dari kasus diatas adalah:

a. Kejadian yang pernah terjadi di aceh, saat terjadi tsunami yang melanda aceh yang menjatuhkan bayak korban dan meluluh lantakan semua bangunan yang ada di aceh, banyak sekali bantuan yang datang dari segala penjuru untuk membantu orang-orang yang terkena bencana tersebut, tak terkecuali dari Angkatan Polisi, TNI-AU, TNI-AL, dan TNI-AD yang rela membantu para korban bencana tsunami di aceh, mereka dengan sigap dan tangkas mengkerungkan semua kekuatan untuk memperbaiki kerusakan yang ada di aceh.

b. Kejadian gempa yang melanda kota Nias yang terletak di Sumatra utara yang menghancurkan isi kota tersebut, para tentara milliter yang ditugaskan untuk membantu para warga yang terkena bencana tersebut.

Pendapat saya tentang ini, tentara milliter memang tidak usah diragukan lagi, millter yang ada di Indonesia memang sangat membantu para warga yang terkena bencana alam, apapun itu bayak kejadian yang disetiap daerah yang dapat kita lihat di setia layar televise selalu ada tentara milliter yamg membantu para warga di penjuru Indonesia.

Wajib milliter dan kesadaran membela Negara memang wajib kita lakukan apalagi yang memang benar-benar ingin masuk milliter harus ditanamkan kesadaran untuk membela

Negara sendiri dan menolong rakyat Indonesia yang mengalami musibah.

Tidak ada komentar: