Senin, 14 September 2009

5 Istilah dalam dunia IT

NIC: NIC (kartu jaringan) adalah ekspansi board yang digunakan supaya komputer dapat dihubungkan dengan jaringan. Sebagian besar NIC dirancang untuk jaringan, protokol, dan media tertentu. NIC biasa disebut dengan kartu LAN (Local Area Network Card).


Bandwidth: Bandwidth menunjukan kapasitas dalam membawa informasi. Istilah ini dapat digunakan dalam banyak hal: Telepon, jaringan kabel, bus, sinyal frekuensi radio, dan monitor. Paling tepat, bandwidth diukur dengan Putaran perdetik (siklus per detik), atau Hertz (Hz), yaitu perbedaan antara frekuensi terendah dan tertinggi yang dapat ditransmisikan. Tetapi juga sering digunakan ukuran bit per detik (bps).

GPS: GPS (Global Positioning System) adalah sistem navigasi menggunakan 24 Satelit Mèo (media bumi mengitari bumi atau tengah lintasan) yang mengelilingi bumi dan Penerima-Penerima di bumi. Satelit mengorbit pada ketinggian sekitar 12,000 mil di atas bumi dan mampu mengelilingi bumi dua kali dalam 24 jam. Satelit GPS secara kontinu mengirimkan sinyal radio digital yang mengandung data lokasi dan waktu pada Satelit Penerima yang berhubungan. Satelit GPS dilengkapi dengan jam atom dengan ketepatan satu per satu juta detik. Berdasar informasi ini, stasiun Penerima mengetahui berapa lama waktu yang digunakan untuk mengirim sinyal sampai ke Penerima di bumi. Semakin lama waktu yang digunakan untuk sampai ke Penerima, semakin jauh posisi Penerima Satelit dari stasiun. dengan mengetahui posisi Satelit, mengetahui bahwa Penerima Satelit terletak pada posisi tertentu pada permukaan bola imaginer yang berpusat pada Satelit. Dengan menggunakan tiga Satelit, GPS dapat menghitung Lintang dan bujur Penerima berdasar perpotongan ketiga bola imaginer. Dengan menggunakan empat Satelit, dapat juga ditentukan ketinggian. GPS dikembangkan dan dioperasikan oleh Departemen Pertahanan Amerika. GPS, asalnya dikenal dengan NAVSTAR (Navigation System dengan Waktunya dan mulai). Sebelum untuk keperluan yang lebih luas, GPS digunakan untuk menyediakan kemampuan navigasi sepanjang waktu dan dalam segala Cuaca untuk Militer Darat, laut, dan Angkatan udara. Disamping untuk navigasi dan Penentuan posisi geografik, GPS dapat juga digunakan di antaranya untuk Pemetaan, Kehutanan, Eksplorasi mineral, manajemen habitat liar, dan Pengawasan perpindahan penduduk.

Host: Host adalah sistem komputer yang Diakses oleh pengguna yang bekerja pada lokasi yang jauh. Biasanya, istilah ini digunakan jika ada dua sistem komputer yang terhubung dengan modem dan saluran telepon. Sistem mengandung data yang disebut host, sedang sitem yang digunakan untuk mengases dari jarak jauh disebut remote terminal. Istilah host juga digunakan untuk menyebut komputer yang terhubung dengan jaringan TCP / IP, termasuk Internet. Setiap host mempunyai alamat IP yang unik. Selain itu, istilah host juga merujuk pada penyediaan layanan Infrastruktur komputer. Sebagai contoh, banyak perusahaan yang menjadi host Web server, yang berarti bahwa perusahaan tersebut menyediakan hardware, software, dan saluran Komunikasi yang dibutuhkan oleh server, tetapi isi server (data) dikendalikan oleh pihak lain.

Server: Suatu unit yang berfungsi untuk menyimpan informasi dan untuk mengelola suatu jaringan komputer.komputer server akan melayani seluruh client atau worstation yang terhubung ke jaringannya.

Tidak ada komentar: