Senin, 07 September 2009

IT Pemilu??


Melakukan pemilu dengan IT pemilu, wah gak bisa dibayangin ya,
kita melakukan pemilu dengan IT???
Berita yang saya dapat sih akan ada uji coba dari KPU,
komisi Pemilihan Umum (KPU) akan meluncurkan sekaligus melakukan uji coba kesiapan operasional infrastruktur teknologi informasi IT Pemilu 2009 di Kantor Telkom Jakarta.
Acara peluncuran kesiapan operasional infrastruktur IT Pemilu 2009 akan dilaksanakan di Gedung Graha Citra Caraka PT Telkom.

Menurut Ketua Tim Teknologi Informasi KPU, peluncuran tersebut akan menguji-coba pengiriman data rekapitulasi penghitungan suara dari KPU kabupaten/kota dengan cara dipindai di mana jaringan-jaringan tersebut sudah terpasang di 471 KPU kabupaten/kota dan 33 KPU provinsi di Indonesia.
sistem jaringan untuk pengiriman hasil penghitungan suara tersebut, katanya, dibuat berbasis Virtual Private Network Internet Protocol (VPNIP) dan Very Small Aperture Terminal (VSAT) yang langsung terhubung dengan satelit Telkom berkecepatan 128 Kbp/s.
Dalam ujicoba yang telah dilakukan sebelumnya, pengiriman data dari Medan, Palembang, dan Denpasar hasilnya baik.
Kelancaran pengiriman data dan pentingnya akurasi entry data, tergantung operator KPU di wilayahnya. Untuk itu, KPU lebih memantapkan bimbingan teknis operator yang ada di KPU provinsi dan kabupaten/kota.
Mengenai keamanan data dan jaringan selama 24 jam, Tim TI KPU bekerjasama dengan Indonesia Security Incident Response Team of Internet Infrastructure (ID SIRTII).
Selain rekapitulasi secara manual, KPU juga akan melakukan rekapitulasi secara elektronik di mana formulir rekapitulasi di TPS atau disebut formulir C1 yang telah ditandatangani petugas KPPS dibawa PPK ke KPU kabupaten/kota untuk dilakukan pemindaian.
Formulir tersebut dipindai dengan alat pemindai berteknologi Intelligent Character Recognition (ICR). Hasil pemindaian ini langsung dapat dilihat di pusat tabulasi nasional elektronik yang berada di kantor KPU.
Woi , keren banget ya, semakin lama perkembangan IT di Indonesia makin canggih, hebat Indonesia ku…

Tidak ada komentar: