Senin, 14 September 2009

keberadaan google apps..

Jika anda memiliki domain seperti nama anda.net or organisasianda.com dan anda ingin mengelola email-email yang ada di dalam domain tersebut, Google Apps bisa menjadi salah satu pilihan. Google Apps dapat bertindak seolah-olah server email domain kita, selain itu Google Apps juga memiliki fitur yang dimiliki oleh Gmail seperti perlindungan terhadap spam dan 6GB ruang penyimpanan. Kita tidak perlu khawatir bagaimana mengelola emails di server kita. Biarkan Google Apps (Gmail) mengelola emails seluruh anggota.
Keuntungan pertama menggunakan Google Apps untuk email kita adalah penggunaan Google server sebagai tempat penyimpanan daripada tempat hosting kita. Kita tidak perlu khawatir tentang kapasitas hosting. Banyak hosting yang menggunakan kapasitas terbatas (karena alasan reliabilitas pelayanan atau biaya). Untuk mengatasi masalah pembatasan tersebut, kita perlu membatasi quota untuk setiap email, 10MB setiap email sebagai contoh. Dengan Google Apps, setiap email akan memiliki kapasitas sama dengan Gmail yang sekarang adalah 6GB.
Keuntungan kedua adalah adanya penyaringan anti spam. Saya tidak mengatakan bahwa kita akan terbebas sama sekali dari spam. Namun paling tidak ada fasiltas anti spam di email kita. Jika kita menggunakan server email sendiri, kita perlu menangani hal tersebut sendiri. Untuk para ahli, tentunya hal ini bukan masalah. Akan tetapi bagi saya, hal ini adalah masalah karena saya bukan ahlinya yang perlu waktu untuk belajar hal ini. Saya lebih memilih cara paling mudah dengan membiarkan Google Apps menggunakan anti spam yang dimiliknya di email saya.
Keuntungan ketiga adalah bahwa saya menggunakan akun Gmail di beni.raharjo@gmail.com. Saya sudah sangat terbiasa menggunakan antar muka dan tentu saja fasilitas-fasilitas di dalamnya. Dengan menggunakan sistem yang sama untuk email saya di beni@armidaleindonesia.org (hanya contoh, email tersebut tidak ada), saya dan rekan-rekan saya tidak perlu belajar untuk menggunakan antar muka server email kita sendiri.

Tidak ada komentar: