Senin, 14 September 2009

Keberadaan Software Freeware

Freeware adalah perangkat lunak yang boleh dipakai secara gratis tanpa batasan tertentu. Hak cipta suatu freeware dipegang oleh pembuatnya. Free di situ berarti gratis.

Berbeda dengan free di free software yang berarti bebas. Artinya, perangkat lunak itu bisa diubah, disalin, didisribusikan lagi, serta boleh digunakan untuk berbagai tujuan. Karena free software bisa diubah, makanya free software biasanya bersifat open-source. Di mesin pencari (Yahoo, Google, dan sebangsanya), berburu freeware bisa dilakukan.

Situs www.freewarefiles.com adalah salah satu situs yang memberikan informasi freeware gratis. Anda boleh percaya bahwa 100% aplikasi bersifat gratis. FreewareFiles memiliki mesin pencari sendiri untuk mencari freeware yang dimilikinya. Masukkan kata kunci di situ, pilih kategori kalau perlu, klik [submit]. Kalau freeware yang dicari sudah ketemu, Freeware Files menyediakan link untuk mengunduh langsung tanpa mesti berkunjung ke situs Web milik pengembang.

Makanya Keberadaan software freeware yang gampang di akses oleh dikalangan masyarakat membuat mereka gampang mendownload software apapun yang mereka mau tanpa harus bayar mahal-mahal. Disini software tersebut diberikan secara gratis dan Cuma-Cuma, Kekurangan dari software seperti ini tidak terlalu superior dibanding dengan jenis lainnya.

Dan ada juga software yang tidak bebas di atau tidak terbuka,untuk menggunakan software ini dilarang untuk menyebarluaskan dan mengubah software ini, dan bila anda ingin memakai software ini harus membayar dengan sejumlah uang baru anda dapat menggunakan software ini, karena software ini paling rawan untuk di bajak, karena bisa kena pasal-pasal KUHP, contoh dari software ini adalah OS Windows(Operation System).

Jadi berhati-hatilah dalam hal yang seperti ini, salah-salah nanti bisa berbahaya.

Tidak ada komentar: